Sabtu, 12 Januari 2019

Kawasan Industri Kendal Furnitur

Kawasan Industri Kendal memiliki andil yang cukup besar bagi kinerja bisnis furnitur yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Rangsangan geliat ekonomi pada kelompok industri ringan yang menghasilkan barang siap pakai seperti furnitur tidak lepas dari pengoperasian KIK (kawasan industri kendal) yang berada di Jawa Tengah. Bisnis furnitur di Provinsi Jawa Tengah ini juga sangat berperan bagi komoditas ekspor nasional, yakni menyumbang setidaknya sebanyak 57% dari total ekspor produk furnitur Nasional.
Kawasan Industri Kendal
Kawasan Industri Kendal

Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian menjelaskan bahwa bidang usaha furnitur termasuk kedalam sektir startegis yang bermanfaat untuk menopang perekonomian Indonesia. Hal ini dikarenakan bisnis furnitur ini sangat potensial sebagai komoditas ekspor dan padat karya. Airlangga Hartarto juga menerangkan bahwa pihaknya bertekad untuk terus meningkatkan kinerja komoditas ekspor furnitur tanah air.

Apalagi ditambah dengan melimpahnya bahan baku yang berasal dari dalam negeri menjadikan bisnis ini sangat menjanjikan. Kementerian Perindustrian pun mencatat selama bulan januari sampai dengan Oktober 2018 saja neraca perdagangan furnitur menunjukan nilai surplus yakni sebesar 99,1 juta dolar Amerika Serikat dengan nilai ekspor yang mencapai 1,4 miliar dolar Amerika Serikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar